Saturday, January 21, 2017

Contoh Tembang Macapat Pocung Beserta Artinya

Tembang Pocung merupakan salah satu tembang Macapat. Tembang ini selain memiliki watak jenaka, berisi tebak-tebakan dan hal-hal lucu lainnya, tembang pocung juga banyak digunakan untuk memberi nasihat, berisi berbagai ajaran untuk manusia agar mampu membawa diri agar dapat mengarungi kehidupan secara harmonis lahir dan batin.Tembang pocung memiliki 4 gatra, dengan Guru Wilangan dan Guru Lagu 12u - 6a - 8i - 12a.
Contoh Tembang Macapat Pocung Beserta Artinya Ilmu Hexa

Kali ini, Ilmu Hexa akan memberikan contoh tembang macapat pocung beserta artinya, yang diambil dari Serat Wedhatama karya Gusti Pangeran Adipati Arya Sri Mangkunegoro IV, Raja Surakarta.


Berikut ini salah satu petikan tembang Pucung:

#1

Ngelmu iku kalakone kanthi laku
Lekase lawan kas

Tegese kas nyantosani

Setya budaya pangekese dur angkara


Arti Tembang
Ilmu itu hanya dapat diraih dengan cara dilakukan dalam perbuatan. Dimulai dengan kemauan. Artinya kemauan yang menguatkan. Ketulusan budi dan usaha adalah penakluk kejahatan



#2


Angkara gung neng angga anggung gumulung
Gegolonganira

Triloka lekeri kongsi

Yen den umbar ambabar dadi rubeda.

Arti Tembang
Kejahatan besar di dalam tubuh kuat menggelora. Menyatu dengan diri sendiri. Menjangkau hingga tiga dunia. Jika dibiarkan akan berkembang menjadi bencana.

#3

Beda lamun kang wus sengsem reh ngasamun
Semune ngaksama

Sasamane bangsa sisip

Sarwa sareh saking mardi martatama


Arti Tembang
Tetapi berbeda dengan yang sudah suka menyepi. Tampak sifat pemaaf. Antar manusia yang penuh salah. Selalu sabar dengan jalan mengutamakan sikap rendah hati.

#4

Taman limut durgameng tyas kang weh limput
Karem ing karamat

Karana karoban ing sih

Sihing sukma ngrebda saardi pengira

Arti Tembang
Dalam kabut kegelapan, angkara dihati yang selalu menghalangi. Larut dalam kesakralan hidup. Karena temggelam dalam kasih sayang. Kasih sayang sukma (sejati) tumbuh berkembang sebesar gunung.

#5

Yeku patut tinulat tulat tinurut
Sapituduhira

Aja kaya jaman mangkin

Keh pra mudha mundhi diri Rapal makna


Arti Tembang

Sebenarnya itulah yang pantas dilihat, dicontoh dan patut diikuti. Sebagai nasehatku. Jangan seperti zaman nanti. Banyak anak muda menyombongkan diri dengan hafalan arti.
#6
Durung becus kesusu selak besus
Amaknani rapal

Kaya sayid weton mesir

Pendhak pendhak angendhak Gunaning jalma

Arti Tembang
Belum mumpuni tergesa-gesa untuk berceramah. Mengartikan hafalan. Seperti sayid dari Mesir. Setiap saat meremehkan kemampuan orang lain.




Video Tembang Pocung




Terimakasih telah membaca artikel Contoh Tembang Macapat Pocung Beserta Artinya. Kunjungi selalu Ilmu Hexa untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan. Semoga Bermanfaat

Seorang Mahasiswa PWK yang suka jalan-jalan dan mengabadikan tiap momen. Mau bikin blog tentang ilmu PWK tapi terlalu berat. Jadinya bikin blog ini buat ngeshare aktivitas jalan-jalan yang nyinggung dikit ke PWK

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Tembang Macapat Pocung Beserta Artinya

0 Komentar:

Post a Comment